" Three words I can sum up everything I've learned about life: it goes on. " Robert Frost

Sunday, March 4, 2012

Siman Sudartawa : Menuai Prestasi di Dalam Air.





Mungkin tak banyak yang menyangka bahwa atlet yang satu ini masih sangat belia untuk prestasinya yang dapat dikatakan sangat luar biasa. Dengan tubuh yang cukup bongsor serta penampilan yang tenang, ia terlihat sama seperti atlet lain yang mungkin telah lebih dahulu malang melintang dalam dunia olahraga Indonesia. Prestasi yang mengagumkan di Sea Games 2011 kemarin membuat namanya meroket. Di usianya yang baru menginjak 17 tahun, pria kelahiran 8 September 1994 ini menjadi harapan untuk terus mengharumkan nama bangsa, ia adalah I Gede Siman Sudartawa.



Atlet renang yang menuai prestasi di Sea Games 2011 lalu ini membuat begitu banyak orang takjub ketika mengetahui umurnya saat ini yang masih sangat muda. Kegesitannya di dalam air dan semangatnya yang tinggi mengantarkannya pada 3 emas di cabang renang perorangan yaitu 50,100,dan 200 meter gaya punggung serta 1 emas di cabang renang estafet 4x100 meter bersama timnya Indra Gunawan, Glenn Viktor dan Triadi Fuadi.

Ketika ditanya mengenai apa alasan atau dasar yang membuatnya terjun ke cabang olahraga ini, maka beginilah jawaban yang terlontar dari mulutnya "Saat itu saya duduk di kelas 2SD, kemudian saat itu ada pelajaran olahraga renang. Saya ngeliat teman sekelas saya yang sudah jago renang. Dari situ saya merasa terpacu dan ingin menjadi sehebat dia. Makanya setelah itu saya fokus di renang." Tidak ada yang menyangka termasuk dirinya, bahwa motivasi yang timbul saat itu menjadikannya atlet yang pantas diperhitungkan saat ini.

Saat ini Siman,panggilan akrabnya, menjalani homeschooling, "Saya tetap bersekolah tetapi tidak di sekolah umum, saya homeschooling sekarang. Hal ini dikarenakan jadwal pelatnas yang padat. Latihan pagi aja baru selesai sekitar jam 9, jadi ini membuat saya tidak mungkin mengikuti sekolah umum." ujarnya menambahkan.

Tetapi hal itu tidak menyurutkan semangatnya agar dapat terus berprestasi dalam renang. Baginya generasi muda Indonesia harus berani bermimpi dan berusaha giat untuk mewujudkan mimpinya tersebut. "Apa yang menjadi cita-citamu teruslah dikejar dan berusaha. Jangan mudah menyerah dalam keadaan seperti apapun, semakin keras rintangan yang menghadang maka mental akan semakin bagus." ujar Siman ketika diminta memberi pesan bagi generasi muda Indonesia.

Pria yang berhasil menyabet 2 penghargaan individu sebagai Atlet Putra Terbaik dan Atlet Harapan serta 1 penghargaan bersama tim sebagai Tim Terbaik (Tim Renang Estafet Putra 4x100 meter) dalam ajang Anugerah Olah Raga Indonesia yang diadakan oleh Tabloid Bola, 3 Maret 2012 lalu ini merasa bangga dan tidak menyangka akan mampu meraih prestasi seperti ini. "Saya sangat dan bangga, tidak pernah menyangka akan seperti ini." ujarnya. Selain itu ketika ditanya mengenai tanggapannya akan acara AORI 2011 ini Siman menambahkan "Acara seperti ini sangat bagus ya. Masyarakat menjadi semakin tahu semua cabang olahraga yang ada, tidak hanya itu, atlet-atlet dari cabang olahraga yang selama ini mungkin kurang diketahui secara luas dapat lebih dikenal. Saya lihat ini sangat positif."

Tentu seperti halnya penghargaan sebagai Atlet Harapan tidak hanya berhenti sebagai sebuah nominasi yang telah mampu diraih. Karena jelas bahwa atlet muda seperti Siman diharapkan akan terus dapat mempertahankan prestasinya dan terus mampu mengharumkan nama bangsa di berbagai ajang baik dalam tingkat lokal maupun internasional. Semoga Siman terus dapat konsisten dan berdedikasi dalam mengukir prestasi atas nama bangsa. Harapan besar itu kini dipanggulnya.




Sumber foto I Gede Siman Sudartawa : www.kemepora.go.id
Sumber foto AORI dan Bola news : www.anugeraholahragaindonesia.com

No comments:

Post a Comment