" Three words I can sum up everything I've learned about life: it goes on. " Robert Frost

Monday, July 16, 2012

Kemana Esensi Itu?

Sebenernya ini bukan hal yang baru tentu, mungkin udah pernah ada yang menuliskan, mungkin juga uda pernah ada yang ngomentarin atau malah banyak, bukan cuma sekadar ada. Ini soal radio yang akhir-akhir ini semakin serupa, mirip, itu-itu aja, atau ya gitu deh monoton. Menampilkan atau mengulang-ngulang lagu yang sama terus menerus, seolah-olah playlistnya ya udah itu-itu aja.

Nggak ada yang salah mungkin, atau mungkin sebagian orang malah suka sama hal itu. Tapi ini murni pendapat pribadi, bahwasanya esensi radio yang dari dulu gue tau (at least bagi gue) media dimana lo bisa ngerasa surprise ketika lagu yang lo suka banget atau lagu jadul banget yang uda lama banget gak lo dengerin tiba-tiba diputerin, perasaan seperti itu yang membuat seseorang betah berjam-jam dengerin frekuensi andalannya.

Nah yang mana kini sayangnya hal itu semakin terkikis, dengan tagline "All New blah blah blah" beberapa stasiun radio mulai menanggalkan/meninggalkan hal ini. Jadinya lagu yang diputer ya lagu yang itu-itu terus, lagu yang katanya lagi hits. Anw, gue bukan nolak lagu yang lagi hits, siapa sih yang gak seneng dikasi referensi lagu baru? iya kan? tapii oh lagii lagii tapiii bosen juga dong kalo hampir seharian penuh kita cuma disuguhin lagu yang itu-itu aja.

Kaya gue deh, kemarin gue lama banget di jalan, otomatis gue mengandalkan radio buat pelepas bosan kan, eng ing eng hampir 4 jam gue di mobil, gue mendengarkan lagu yang sama bisa sampe 3x, dan bukan cuma 1 lagu yang begitu. Sampe kadang gue berasa kaya, ini radio uda mulai kaya hape gue yg lagi di shuffle, playlistnya itu doang. Gue kehilangan esensi dan perasaan surprise yang gue tunggu-tunggu itu. Kemana lagi gue harus nyari perasaan saat-saat dimana lagu favorit gue diputer tiba-tiba di jalanan yang padet yang seketika bisa mengembalikan semua mood gue. Ah I lost that.

Kecewa iyalah! Walaupun ya gak semua stasiun radio kaya gitu, masih ada juga yang mempertahankan kekhasan mereka dan tidak berubah menjadi radio yang kekinian. Tapi semua kembali pada selera, mungkin itu terjadi karena memang lagi begitu permintaan pasar saat ini, mungkin hanya sebagian kecil orang seperti gue, yang tentu gak mungkin radio itu ngikutin minoritas. Akankah radio kembali seperti dulu, let's wait and see :') - NDN

4 comments:

  1. Nami. cuma bisa bilang I'm with you. Gue sendiri kan orangnya emang lebih sering dengerin radio daripada nonton TV, sekarang ini playlist lagu-lagu yang diputer di radio itu makin sering 'aman'. gampang ketebak banget haha. tapi... masih ada radio yang suka ngasih kejutan dengan muterin lagu kesukaan gue (dan pendengar lainnya seperti lo hehehe). So I guess we can stick to that, leaving the radio-yang-nurutin-permintaan-pasar alone. :D

    ReplyDelete
  2. I know, erika yang mau jadi jurnalis musik pasti dengerin radio. BOSEN ya dengernya. Iya beberapa masih ada ya, cuma ngerasa agak sayang aja ngeliat yang lain skrg kaya gitu. Pilihan radio kita jadi makin dikit. SETUJUUUUH SEKALIII :D

    ReplyDelete
  3. namiii! Perasaan jengkel yang sama dengan lo ketika di mobil gue menyadari beberapa lagu bisa diputer sampe 3-4 kali dlm sehari! langsung sebut merk aja dah,lagu2 macem payphone, nicki minaj daan yg lagu2 ngehits lainnya. Bahkan delta fm aja berubah ngikutin radio jaman skrg bgt. Kangen jaman dulu :''')

    ReplyDelete
  4. iyaa chow. bahkan yang gue pikir tdnya radio itu nggak perlu berubah eh ternyata ikutan juga. Lagu yang tdnya gue demen banget aja jadi males dengernya. Seolah kita gak punya pilihan lain yaa.

    ReplyDelete