" Three words I can sum up everything I've learned about life: it goes on. " Robert Frost

Thursday, November 15, 2012

Seandainya Dia Papa

Saat itu gue sedang di bus dari Blok M menuju Islamic Karawaci, agak larut malam sekitar jam setengah 9an. Keadaan bus sih padet seperti biasa, memasuki daerah senayan, bus mulai dibanjiri penumpang, sampai beberapa diantara mereka harus berdiri di sepanjang koridor bus. Gue uda siap dengan sweater berhoodie plus headset yang hanya sebelah terpasang, biar kalau ada apa-apa tetap kedengeran.

Membelah orang-orang yang sedang berdiri, sampai tibalah seorang bapak cukup tua dilihat dari wajah dan pembawaannya. Berdiri tepat di sebelah gue, dia santai, dengan menyilangkan tasnya yang terbuat dari kain batik, dan sibuk dengan hapenya yang model jaman dulu banget. 

Gue yang tadinya uda niat mau tidur, jadi sedikit gelisah. Gue liat orang-orang disekitar gue, cuek bodo semua, lanjut tidur. Pengennya sih gitu, tapi gimana ya, gue capek banget sih, tapi bapak ini udah tua pasti capek bgt kalau berdiri terus. Gue pun gak tenang, uda berusaha sok cuek (maaf mungkin kurang ajar ya gue sebagai yang lebih muda abis gimana, jalanan macet, capek banget, ngebayangin berdiri sampe Islamic mau pingsan rasanya)

Sampai di depan hotel mulia, jalanan masih ngerangkak. Pas gue nyoba merem yang keberapa kali, tiba-tiba gue kebayang muka bokap. Eng ing eng, saat itu juga gue towel-towel tuh bapak menawarkan tempat duduk gue. Dan lo harus tau betapa gak enaknya gue, karena dia dengan tenangnya bilang gini "Gak apa-apa nak, saya turun di Slipi, sebentar lagi kok. Keliatannya capek banget, saya berdiri saja." Mati gak lo Nam?!

Setelah berdebat tolak-tolakan alot, beliau tetep gak mau duduk, akhirnya gue tetep duduk. Ceritanya sih cuma gitu doang. Cuma yang pengen gue ceritain, kenapa tiba-tiba gue kaya kemasukan langsung nawarin bapak itu duduk tanpa mikir panjang adalah...

Ketika bayangan wajah bokap terlintas, satu yang gue ingat, seandainya dia Papa, yang sedang kecapekan pulang kerja, udah nggak muda lagi dan harus berdiri sepanjang jalan. Gue sebagai anaknya, pasti bakal kesel banget kalau tau ada anak muda seumuran gue yang gak mau ngebagi tempat duduknya buat bokap gue.

Gue ngebayangin bapak itu Papa. Seberapa capek sih gue dibanding bapak itu. Toh gue juga masih umur segini berdiri sejauh itu dibanding dia jelas gue masih lebih mampu. Gue kan juga gak mau Papa digituin orang. Kalau mau Papa selalu dapat perlakuan baik dari orang lain, gue juga harus memperlakukan orang lain dengan baik. 

Semenjak itu, buat ngusir setan yang menggoda di dalam diri gue, untuk ibu-ibu, bapak-bapak atau anak-anak gue selalu ngebayangin itu keluarga gue, karena gue pasti gak bakal mau mereka susah. Paling nggak sampai sekarang itu ampuh banget.

Mungkin gue bukan orang yang punya hati mulia-mulia banget, tapi paling nggak sedikit dari hati nurani kita mestinya bisa ngambil peranan lebih kuat. Kadang hidup berdampingan sama banyak orang itu harus ada yang punya hati nurani, kalau nggak hidup yang udah kejam ini bakal makin kejam lagi. Jadi nggak ada tempat buat ketenangan dan kebersamaan. Toh berdiri di bus bukan tiap hari kan, sekali-kali ini. Kenapa nggak? :D

No comments:

Post a Comment