" Three words I can sum up everything I've learned about life: it goes on. " Robert Frost

Friday, November 30, 2012

Terlihat Belum Tentu Terbaca

Tulisan ini akan jadi tulisan terakhir di bulan november 2012 atau tidak sih masih belum tau, tapi paling tidak arah mendekati ujung bulan ke sebelas tahun ini sudah kurang dari 5 jam lagi. Lalu dalam perjalanan pulang dari kampus menuju kosan, gue dan seorang teman, Cesita, menyadari bahwa semester ini berlalu sangat cepat. Nggak berasa semester ini akan segera berakhir walaupun tugas demi tugas tumbuh tanpa ada tanda-tanda mati segera. Tapi buat gue yang membuat terhenyak adalah bagaimana tahun ini berputar begitu cepat. Klasik ya, tiap tahun juga semua orang ngomong gitu. Gue punya alasan sendiri ngomong gitu.

Kecepatan mungkin kalau dibilang ini review setahun terakhir, tapi buat gue, masih terlalu banyak waktu terbuang sia-sia, yang seharusnya bisa gue kerjain buat apa malah gue biarin aja. Tapi ya uda sih nggak mau menyesali, toh udah lewat. Gue cuma masih nggak percaya aja, hampir setahun yang hanya kurang 1 bulan ini gue berhasil bertahan sejauh ini walaupun gue tau nggak jauh-jauh banget, gue masih ada di dalam lingkaran yang sama mungkin hanya tidak di dalam lapisan lingkaran yang sama.

Kalau diibaratkan dengan kuliah komunikasi internasional, ya gue udah nggak lagi di lingkaran core (inti) tapi udah sampai di lapisan semi-periphery. Pengennya daya magis lapisan core akan semakin memudar di tahun depan, sehingga gue bisa masuk ke lapisan periphery. Lalu terlepas lah gue dari semua ini.

Ini melelahkan, tidak ada juga yang pantas diperjuangkan lagi, tapi tidak semudah itu menarik diri. Bukankah menghilangkan kebiasaan merupakan hal yang sulit? Paling tidak, gue terkesima, gue sudah sampai sejauh ini,  kalau disamain sama teori kultivasi, gue yang tadinya sebagai heavy viewers, sekarang udah bisa jadi light viewers. Satu kemajuan, mungkin biasa bagi kebanyakan orang, tapi jelas kemajuan pesat buat gue.

Tulisan ini mungkin terlalu berbelit, tidak jelas ingin menyampaikan apa, tapi jika kalian mengenal gue, kalian akan paham maksud tulisan abstrak ini apa. Penjelasan-penjelasan diatas bukan lah jawaban dan tidak memiliki keterkaitan sama sekali dengan teori-teori yang dipaparkan.

Betapa abstraknya tulisan ini, menggambarkan sebagaimana gue yang terseok, tersandung, cemerlang, berantakan dan semua rasa yang campur aduk melalui tahun ini. Tapi dari ketidakjelasan tulisan ini kalian bisa melihat dengan jelas bagaimana tahun ini menciptakan banyak kegamangan bagi gue. :)

No comments:

Post a Comment