" Three words I can sum up everything I've learned about life: it goes on. " Robert Frost

Wednesday, September 19, 2012

Lalu Kembali Pada Satu Pertanyaan

Lalu gue sampe pada satu pertanyaan, apa sebenernya yang dicari seseorang dari mengingat kembali kenangan ? 

Kenangan jelas sesuatu yang udah lewat, udah kejadian, nggak mungkin bisa diulang segimana juga kita minta dan berdoa, berusaha sekuat tenaga bahkan sampe mikirin itu terus setiap detiknya. Namanya waktu nggak ada yang bisa diulang, setiap detik terus berputar, kalau tadi udah belok ke kanan, ya bisa sih belok ke kanan lagi tapi nggak bakal dapet cerita yang sama, isi yang sama kalau aja belok ke kanannya 2detik yang lalu, iya nggak?

Mau terus-terusan mikirin apa yang udah lewat? Ya nggak ada yang ngelarang, nggak ada juga yang salah. Cuma nggak sayang apa, kalau terus-terusan mikirin apa yang udah lewat, apa nggak makin banyak kejadian yang kelewatan gitu aja?

Misalnya nih, tadi pengen belok ke kanan, tapi ternyata ini udah jalan searah, sementara kita cuma punya waktu dikit buat segera nyampe di satu tujuan, nah sepanjang jalan (jalan pas kita belok ke kiri tadi bukan ke kanan) kita cuma mikirin betapa nyeselnya kita nggak bisa belok kanan lagi, kita ngebayangin kalau kita uda ngelewatin toko roti langganan, lampu lalu lintas yang lebih dikit dan jalanan yang lebih sepi. Sampe nih, kita lupa kalau di belokan kiri yang kita ambil itu ada toko roti baru dengan dekorasi menarik yang sebenernya udah pengen kita datengin, lupa kalau dengan lebih banyak lampu lalu lintas yang ada kita bisa ngecek hp sebentar kali aja ada sms/bbm yg penting, dengan jalanan yang lebih rame, kita jadi lebih hati-hati dan nggak asal tancap gas. iya nggak?

Ada banyak kejadian yang kita lewatin saat kita cuma kepikiran sama apa yang udah nggak bisa kita ubah lagi. Ya mungkin kejadian yang sekarang lagi kejadian, nggak bisa ngegantiin perasaan kita waktu dulu, tapi perasaan kan nggak bisa diukur dengan angka 100 kaya nilai di kampus, jadi seneng banget, bahagia bangetnya kita bisa aja berubah tergantung sejauh mana kita mau ngebuka hati dan nerima apa yang ada. Bukan dengan terus-terusan ngebandingin sama apa yang dulu pernah ada. 

Bukannya dikejer kenangan itu nggak enak? Tapi jelas bukan perkara mudah. Nulis ini jelas lebih gampang dari ngejalaninnya. Tenang, gue mungkin terlihat sok bijak disini, tapi percaya deh, gue nggak bakal bisa nulis ini kalau dulu gue yang nggak pernah dikejer-kejer kenangan. Tapi namanya manusia, kita punya akal, kita bisa dan bakal selalu bisa belajar dari apa yang pernah kita lalui. Bisa dong sekali-sekali, akal dan pikiran ngendaliin hati? :D

No comments:

Post a Comment