" Three words I can sum up everything I've learned about life: it goes on. " Robert Frost

Sunday, August 5, 2012

Rutinitas Berubah Jadi Kewajiban. Lalu Mana Haknya?


Bingung sih sebenernya sama Jakarta, bukan karena apa-apa, tapi karena bingung apa yang harus disalahin. Gini nih, dalam ya kurang lebih dua minggu ini gue berkeliaran di jalanan Jakarta sekitar jam pergi dan pulang kantor. Ok, jam perginya nggak bisa terlalu diperhitungkan karena perginya gue agak siang, sekitar jam setengah 9 in that point sebagian besar pekerja udah pergi dong.
Nah sementara jam pulangnya nih yang menggila, kenapa? Karena ini bulan puasa dan gue selalu pulang sekitar jam 4 sampai setengah 5 dan itu gila banget padetnya. Gimana nggak, gue selalu naik metromini ke arah tanah abang itu seringnya penuh, no space, kebanyakan orang berdiri sampai pintu. Kemudian dilanjutkan dengan berkejaran sama KRL. Itu juga, nggak ada kesempatan deh buat dapet space lebih gede dari nonton konser sold out. Bahu sama bahu udah jadi penopang badan, nggak perlu deh pegangan karena toh nggak bakal jatuh juga. Padet geng!
Liat sisi lain Jakarta nih ya, kemarin kebetulan gue harus nyusulin nyokap di Taman Anggrek, jadi dari kantor gue memutuskan untuk naik metromini 502 yang biasanya terus turun di halte transjakarta Bank Indonesia, naah itu, halte udah penuh orang sampe loketnya harus ditutup sementara, uda banyak yang ke angkut baru buka lagi, jadi loketnya pake sistem buka tutup.
Belom, belom kelar sampe situ. Udah nih ngantri, kirain satu line doang tuh, eh ternyata pintu yang seuprit itu dibagi buat dua jalur, yang satu arah senayan-blok m satunya lagi ragunan. Matilah, setengah jam gue luntang lantung pantes gak maju-maju. Akhirnya karena gue mau turun di halte benhil, gue bisa ikut yang mana aja. Ikut nih gue yg ke arah Senayan setelah ngantri sekitar 45menit, jangan ngebayangin antrian biasa, ini antrian minim oksigen dan “intim” dengan orang kiri kanan.
Setelah berhasil naik transjakarta nih, ditengah jalan yang pas di depan stasiun sudirman kena macet juga nih bus, eh AC nya mati dong. Gue rasanya mau nyerah aja, kalau bisa lambaikan tangan ke kamera terus dijemput naik helicopter pasti itu akan langsung gue lakukan. Untung abang yang jaga pintu sigap, langsung nelfon pos di Blok M laporan dan memutuskan untuk nggak nambah penumpang lagi. (YA iya lah, kalau nggak gue bisa pingsan karena kurang udara dan badan lengket akut).
Turun nih di Benhil akhirnya. Tau dong betapa panjangnya halte ini dari depan Atma Jaya sampe depan Polda Metro sana. Ada promo yang jual sepaket sari roti + teh botol dengan harga 5ribu ya langsung gue beli buat buka. Duuuh yang selama ini, itu halte favorit gue karena gue bisa ngeliat pemandangan cakep dan udara sejuk, kali ini jadi penyiksaan tak berujung. Gimana nggak? Panjangnya, gue aus banget, buka masih sejam, sebadan rasanya rontok, punggung mulai nyeri karena laptop makin berat (kalau gue tulis keluhannya bisa nggak berujung).
Sampe nih di halte arah slipi. Subhanallah, penuh bener. Halte itu udah penuh orang, padet. Masuklah gue diantrian itu dan tahukah kalian? 30menit tanpa satupun transjakarta yang lewat.Antrian makin gawat, orang nambah terus, lebih padet dari konser, eh bus gak nongol juga. Daripada pingsan beneran, gue pun memutuskan buat mencari bus jenis apapun yang kea rah grogol. Padahal sumpah gue belom pernah, tapi gue yakin lah sama tingkat kehafalan gue akan jalan dan lagian hey itu lurusan doang kan.
Nunggu 5menitan ada bus arah grogol, nggak berAC tapi bodo amat. Gue naik aja, ongkosnya 2ribu kaya metromini, no nya 564 atau 546 atau 654 atau 645 atau malah bukan itu gue uda nggak ngeliat lagi yang penting naik dan Alhamdulillah ada tempat duduk. Disanalah gue berbuka sama sepaket sari roti dan teh botol yang gue beli tadi. Akhirnya jam 6.15 gue nyampe di TA dan ketemu nyokap sama yang lain.
Sampe di TA semua pada makan di Jala-Jala dan Lee Hong Kien,Chong Fen Ebi bersama teh manis dingin langsung ada buat gue. Itu indah, serius. Udah sih sebenernya nggak mau cerita itu, cuma ya itu tadi, gue masih sangat beruntung, dari sepanjang itu penderitaan akhirnya gue makan enak di tempat berAC YANG MANA belum tentu semua orang ngerasain apa yang gue rasain ya kan? Udah pantes gue bersyukur.
Yang buat gue bingung adalah kebayang kan gimana, jalanan macet total (kalau naik mobil pribadi atau bus jalur biasa), transjakarta penuh orang dan antrian panjang bermenit-menit (kalau naik bus) dan KRL padet orang (kalau naik kereta). Seolah nggak ada pilihan yang enak buat orang Jakarta. Kayanya itu uda bagian dari rutinitas dan “tugas tambahan” buat dia selain capeknya ngantor dan bangun pagi belum lagi suasana kantor,keadaan rumah,suasana hati dan segala macemnya.
Jadi kalau semua uda padet dan nggak ngasi space buat kita,warganya, apa yang salah dan yang harus dibenerin? Penduduk yang kepadetan? Transportasi yang kurang? Kebanyakan kendaraan? Atau semuanya? Gue yakin ini bukan pertanyaan yang mengelayut di benak gue doang, tapi hampir di semua orang yang merasakan apa yang gue rasakan bahkan mungkin udah sejak lama.
Ya, dari yang awalnya gue ngeluh banget, pengen nangis, nggak sanggup, sampe akhirnya gue ngerasa ya uda, buat apa ngeluh toh nggak ngubah apa-apa, uda jadi rutinitas gue secara nggak langsung. Aneh kan? Baru 2 minggu aja, gue uda kaya robot yang di setting buat menjalankan semuanya secara teratur tanpa hak buat ngeluh. Miris ya kita?

No comments:

Post a Comment