" Three words I can sum up everything I've learned about life: it goes on. " Robert Frost

Monday, March 5, 2012

AORI 2011 : Bertabur Bintang Sea Games



Sabtu lalu, 3 Maret 2012 bertempat di FX Lifestyle X'nter lantai 3, perhelatan tahunan ajang Anugerah Olah Raga Indonesia (AORI) kembali dikelar untuk ke-24 kalinya. Acara tahunan yang diselenggarakan oleh Tabloid BOLA ini mengusung tema "Mengembangkan Insan Muda yang Berbudaya Melalui Olah Raga". Selain itu tidak lepas tentunya dari ajang ini adalah perayaan hari jadi Tabloid BOLA yang ke-28 tahun.

Sebelum acara dimulai terlihat rombongan tamu undangan dan VIP memasuki venue acara, diantara rombongan itu terlihat Andi Malarangeng selaku Menteri Pemuda dan Olahraga yang diikuti oleh Alex Noerdin,Gubernur Sumatera Selatan ; Rusli Zaenal,Gubernur Riau ; Agum Gumelar mantan ketua KONI serta Rahmat Gobel,Direktur PT.Panasonic Gobel Indonesia. Tak lama berselang terlihat beberapa wajah atlet nasional yang sudah tidak asing lagi antara lain Taufik Hidayat (Bulutangkis) dan I Gede Siman Sudartawa (Renang).

Pada saat melewati venue acara mata kita akan tertuju pada foto-foto yang berfigura hitam yang berdiri tegak mengeliling venue acara utama, suatu kesan mewah namun sederhana pun langsung tercipta. Pada pintu masuk terdapat meja registrasi dan setelah melangkahkan kaki masuk ke dalam venue, kita akan langsung disambut dengan beberapa booth yang diisi oleh para komunitas supertor sepak bola di Indonesia.

Komunitas suporter yang turut mengambil bagian dalam acara ini adalah Juventus Club Indonesia,Milanisti Indonesia,Chelsea Indonesia.Arsenal Indonesia Supporter,Barcelona Indonesia Fans Club,Madridista Indonesia,Indonesia Manchester United Supporter,Tottenham Hotspur Supporter Club Indonesia,Indonesia's Official Liverpool FC Supporters Club, dan Official Fans Club of Bayern Munchen Indonesia. Kehadiran komunitas-komunitas ini memberikan warna dan kemeriahan tersendiri. Dengan aksi dan yel-yel yang mereka kumandangkan suasana acara seperti tidak lagi seperti sedang di Mall ditengah padatnya ibukota, tetapi layaknya sedang berada di stadion asing yang sedang ramai dikunjungi supporter setia mereka.

Acara dimulai pada pukul 13.10 menit yang langsung dimeriahkan oleh band Gamelan Gaul, tak lama berselang muncullah pembawa acara yang ternyata Donna Agnesia dan Vincent. Wajah-wajah yang tidak asing lagi di dunia olah raga Indonesia meski bukan sebagai atlet. Acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari Direktur dan Pemimpin Redaksi Tabloid BOLA, Ian Situmorang.

Selain memberikan sambutan sesi itu sekaligus merupakan peniupan lilin dan doa untuk kesuksesan dan kemajuan BOLA di masa yang akan datang. "Apalah arti usia,tetapi bagaimana peranan kami dalam olah raga Indonesia itu yang penting." ujar Ian Situmorang menutup seremonial perayaan hari jadi serta kata sambutannya.

Acara berlanjut dengan pembacaan pengumuman peraih kategori Pembina Terbaik. Anugerah pertama pada siang itu jatuh ke tangan Hendardji Soepandji. Beliau berhak atas penghargaan ini karena jasanya yang begitu besar dalam perkembangan cabang olah raga Karate di Indonesia sejak 2009 hingga saat ini. Selain itu bapak yang pernah menjadi Wakil Ketua Umum KONI menjadikan karate sebagai cabang unggulan Indonesia,mengadakan WKF Premier League dan juga merupakan Ketua Karate Asia Tenggara. "Terima kasih atas penghargaan ini. Semoga akan menambah semangat dan motivasi saya dalam membina karate Indonesia. Kita harus bisa lebih sukses di Sea Games Myanmar 2012. Juara umum di tandang bukan hanya di kandang."ujar beliau dalam kata sambutannya.

Selain itu Pembina Terbaik juga diberikan kepada Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin. Karena berkat jasanya lah Sea Games 2011 berlangsung dengan baik dan sukses. Beliau juga aktif di induk olah raga Indonesia dan menjadikan Jakabaring Sport City nyata dan berhasil dibangun. "Saya sangat senang,tetapi ini bukan hasil saya sendiri,banyak pihak yang mendukung suksesnya acara. Ini bukan buat Alex Noerdin tapi buat olah raga Indonesia."ujar beliau menutup sambutannya.

Nominasi selanjutnya yang dibacakan adalah kategori Atlet Harapan yang berhasil diraih oleh I Gede Siman Sudartawa. Atlet cabang olah raga renang yang cukup sensasional dengan torehan prestasinya di tahun 2011 ini memang sangat menjanjikan bagi bangsa Indonesia di masa datang. Tidak keliru jika penghargaan ini jatuh ke tangannya.

Sesi selanjutnya diisi dengan informasi mengenai PON 2012 yang akan diselenggarakan di Riau pada bulan September. Perhelatan PON ke-18 ini akan melangsungkan 39 cabang olah raga yang kemungkinan akan berkembang menjadi 41 dengan tambahan pada cabang olah raga Hockey dan Drumband. Pada kesempatan ini, Gubernur Riau, Rusli Zainal diberi kesempatan untuk tampil diatas panggung dan memberikan informasi yang lebih mendalam mengenai PON 2012 nanti.

"Hingga saat ini persiapan Alhamdulillah sudah mencapai 90% dan Main Stadium direncanakan akan selesai bulan ini. Berdasarkan ucapan dari bapak Agum Gumelar, rasionalnya kita pantas menyabet 3 besar dan semoga hal ini dapat terwujud."ujar beliau menambahkan informasi dalam sambutannya.

Nominasi selanjutnya yang dibacakan adalah Lifetime Achievement yang diberikan kepada Agum Gumelar. Tokoh yang sudah sesepuh,berkarisma,tegas,disiplin dan penuh dedikasi ini pernah menjabat sebagai Ketua Umum PSSI, Ketua Umum KONI Pusat, anggota kehormatan dan Ketua Komite Normalisasi. "Pantaskah saya mendapat penghargaan ini ? Itu kalimat yang pertama muncul dikepala saya tadi malam. Lalu ingatan saya kembali pada zaman sekolah saya dulu, dimana ketika saya menerima rapor, nilai saya yang tidak merah hanya untuk pelajaran olah raga saja. Ternyata 50 tahun setelah itu saya mendapatkan penghargaan ini. Jadi maju terus Tabloid BOLA, maju terus sepak bola Indonesia." ujar beliau dalam sambutannya.

Kemudian acara pun diselingi oleh hiburan yang dibawakan oleh Mambro Dancer dalam bentuk tarian dari Papua. Setelah itu kategori selanjutnya adalah Tim Terbaik yang diraih oleh Tim Renang Putra Estafet 4x100 meter yang hari itu diwakilkan oleh salah satu punggawanya yaitu I Gede Siman Sudartawa. Siang itu, kali ke-2 bagi Siman untuk naik dan menerima penghargaan. Hadiah yang diterima berupa uang tunai senilai Rp15.000.000,00.

Kemudian selanjutnya adalah kategori Pelatih Terbaik yang diberikan kepada Albert C.Sutanto untuk pelatih cabang renang. Beliau telah melatih Siman sejak tahun 2010, mantan atlet renang ini juga yang berhasil mengembangkan dan mengasah bakat gemilang Siman Sudartawa. Semoga ditangannya akan muncul banyak Siman lain di masa yang akan datang.

Kategori selanjutnya adalah Badan Usaha Peduli Olahraga yang diberikan kepada PT.Bukit Asam yang merupakan BUMN yang bergerak di bidang pertambangan yang turut menyukseskan berdirinya stadion tenis Jakabaring, Sumatera Selatan dan juga pacuan kuda di Padang. "Semoga tabloid BOLA lebih sukses dan gemilang serta handal di Indonesia." ujar Asmara Karma, Direktur PT.Bukit Asam.

Selain itu, pada kategori ini PT.Panasonic juga berhasil menjadi peraihnya. Karena telah menjadi sponsor resmi Sea Games 2011 kemarin. "Puji Syukur Tuhan Yang Maha Esa. Selamat ulang tahun BOLA,semoga BOLA bisa menjadi promotor olah raga Indonesia."ujar Rahmat Gobel dalam sambutannya.

Setelah itu acara diselingi dengan hiburan oleh Gamelan Gaul yang membawakan lagu Selamanya Indonesia yang dipopulerkan oleh twentyfirst night. Kemudian setelah itu diberitahukan bahwa BOLA telah semakin berkembang dalam era Digital seperti bolanews.tv, bola radio, my blog, bola shots, toko bola dan new loo
k digital www.bolanews.com

Kemudian diumumkan hasil kontes booth supporter terbaik yang diraih oleh BigReds Indonesia (Liverpool Indonesia). Nominasi selanjutnya adalah Atlet Favorit yang jatuh kepada Andik Vermansyah, pemain timnas U-21 ini sayang tidak dapat hadir karena sedang membela timnas Garuda di Brunei Darusalam.

Nominasi Atlet Putri Terbaik jatuh kepada Triyaningsih dalam cabang olahraga Atletik yang berhasil meraih medali emas untuk nomor lari jarak jauh 5km,10km dan estafet. Perempuan berusia 23 tahun ini juga tidak dapat hadir karena sedang menjalani pelatnas untuk persiapan Olimpiade London 2012. "Terima kasih kepada para pembaca dan BOLA. Saya sedang persiapan olimpiade di London,mohon doanya." ujar Triyaningsih yang ditayangkan melalui video rekaman.

Sedangkan nominasi Atlet Putra Terbaik jatuh kepada I Gede Siman Sudartawa. Hal ini tentu tidak perlu dipertanyakan lagi melihat bagaimana gemilangnya prestasi pemuda ini di ajang Sea Games 2011 kemarin.

Semua atlet yang berhasil meraih penghargaan berhak mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp15.000.000 dan bagi Atlet Putra dan Putri Terbaik diberi tambahan hadiah berupa LCD TV 32 inch.

Pada pukul 14.35 acara ini pun berakhir dengan ditutup oleh penampilan dari Gamelan Gaul dengan lagu Bendera yang dipopulerkan oleh Coklat. Dengan demikian Acara AORI 2011 resmi berakhir dengan bertaburnya bintang-bintang yang menghiasi Sea Games sebagai juaranya. Betapa beruntungnya saya dapat menjadi bagian dari acara positif penuh pengalaman dan pembelajaran seperti ini. Terima kasih AORI 2011, Terima kasih BOLA :)



Sumber foto : www.anugeraholahragaindonesia.com dan www.bolanews.com



No comments:

Post a Comment