" Three words I can sum up everything I've learned about life: it goes on. " Robert Frost

Monday, March 5, 2012

Apreasiasi Bagi Mereka Yang Berprestasi




Sumber Foto : sukolaras.wordpress.com (google)

Siapa nama atlet pertama yang langsung terlintas dipikiran anda ketika muncul pertanyaan sebutkan nama atlet Indonesia yang masih aktif pada cabang olahraganya hingga saat ini?

Jawaban atas pertanyaan tersebut dapat beberapa versi. Mungkin saja nama atlet yang terlintas dalam fikiran anda adalah orang yang itu-itu saja, yang wajahnya mungkin banyak bersliweran di majalah atau tv ibukota atau mungkin atlet-atlet yang cabang olahraganya adalah kegemaran anda. Bisa juga anda membutuhkan beberapa saat untuk mampu menyebutkan satu. Beragam. Banyak kemungkinan atas itu.

Saya kali ini tidak ingin membahas mengenai jawaban atas pertanyaan tersebut. Yang ingin saya bahas pada artikel kali ini adalah pentingnya ajang seperti Anugerah Olah Raga Indonesia (AORI) yang diadakan rutin setiap tahun oleh Tabloid Bola.


Ajang seperti ini membuka banyak wawasan dan pengetahuan orang awam yang tentu tidak begitu familiar dengan atlet-atlet berprestasi yang dimiliki bangsa ini. Entah karena kurangnya ekspose media,kurangnya perhatian masyarakat Indonesia itu sendiri atau memang kurangnya apresiasi dari seluruh lapisan masyarakat Indonesia itu sendiri. Tidak mudah menemukan jawaban atas pertanyaan tadi. Hanya saja disini saya ingin menunjukkan bagaimana AORI memberikan peluang untuk kita (orang awam yang tidak bergelut di dunia olahraga) untuk mengetahui lebih serta menghargai mereka (atlet-atlet nasional yang telah berjuang keras demi nama bangsa) dan juga apresiasi yang mungkin dapat membuat para atlet nasional tersebut merasa dihargai kerja keras dan usahanya serta menjadikan motivasi untuk terus berkembang dan berprestasi atas nama bangsa.

AORI yang telah berlangsung dari tahun ke tahun terus memberikan apresiasinya kepada atlet-atlet nasional baik yang masih sangat muda dan baru hingga mereka yang memang telah menempuh perjalanan panjang dalam dunia ini. Ketika sebelum berlangsungnya ajang ini saya pribadi belum begitu familiar dengan nama I Gede Siman Sudartawa, atlet muda yang begitu bersinar dan menjadi harapan bangsa. Tidak pernah tergambar dibenak saya bagaimana seseorang dengan usia yang masih sangat belia telah mampu melakukan hal seperti Siman.

Begitu juga dengan Triyaningsih, perempuan bertubuh mungil ini bukan baru dalam cabang atletik, tetapi selama ini saya tidak begitu menyadari kehadirannya. Saya penonton Sea Games tapi tidak peduli dengan atlet yang telah berhasil mengharumkan nama bangsa saya sendiri. Ironi memang. Tapi coba tanya siapa Andik Vermansyah atau Titus Bonai tentu dengan lantang saya dapat menyebutkan siapa mereka. Punggawa-punggawa Timnas Garuda yang jelas terdengar akrab ditelinga dan fikiran saya.

Pasti masih banyak Siman dan Triyaningsih lainnya yang telah berprestasi tetapi tidak berhasil mendapatkan apresiasi yang layak untuk apa yang telah mereka lakukan bagi bangsa ini. Seharusnya sebagai bangsa yang besar kita tidak hanya melihat pada mereka-mereka yang berlalu lalang di media massa lainnya. Kita harus dapat menghargai setiap anak bangsa yang dengan gigihnya mengharumkan nama bangsa ini.

Mudah memang untuk berucap tetapi sulit pasti untuk melakukan tindakan seperti yang saya tuliskan dan harapkan diatas. Maka dari itu ajang seperti AORI ini merupakan sarana yang tepat untuk memulai melakukan hal-hal seperti diatas. Saya yang tadinya tidak begitu menyadari perkembangan atlet nasional paling tidak kini mata saya seolah dibukakan lebar-lebar untuk melihat hal itu.

Paling tidak AORI telah memberikan dampak bagi saya secara personal. Bahwa begitu banyak individu Indonesia yang berbakat dan berkemauan keras. Kalau mereka bisa kenapa kita/saya tidak dapat melakukan hal yang sama? Kita generasi muda bangsa ini, ditangan kita tergambar jelas akan kemana bangsa ini melangkah, jadi kenapa kita tidak berkaca kepada mereka yang telah lebih dulu memulai dan berprestasi lalu kita bersama-sama melakukan hal yang sama dan menunjukkan kepada dunia bahwa kita siap bersaing dan menyongsong masa depan !



Sumber banner : www.bolanews.com

No comments:

Post a Comment