" Three words I can sum up everything I've learned about life: it goes on. " Robert Frost

Sunday, March 4, 2012

Olahraga dan generasi muda

Tulisan ini dibuat untuk Ajang Blogging AORI 2011




Mendengar kata olahraga pasti yang terlintas pertama biasanya Sepak Bola, ya paling tidak sebagian besar orang akan berfikir ke arah sana. Entah karena memang sepak bola terasa dekat dengan keseharian, banyaknya orang-orang yang senang menggeluti dan menggemari olah raga yang satu ini atau karena faktor kurang menonjolnya olahraga lainnya terutama di Indonesia. Tapi hal ini tidak semata-mata perhatian masyarakat kepada cabang olahraga lain lantas berkurang. Toh selama Sea Games pertandingan cabang olahraga macam apapun tetap ramai dan diminati.
Sumber foto : www.google.com

Lalu kemudian muncul pertanyaan lainnya, apa iya masyarakat Indonesia menunjukkan kepeduliannya akan cabang olahraga ketika sedang musim tertentu? Contohnya ketika Sea Games sedang berlangsung, lalu kemudian masyarakat akan berbondong-bondong menyambangi Gelora Bung Karno atau Jakabaring Sport City. Apakah ini hanya bagian dari siklus trend?

Semua orang berhak memiliki jawabannya tersendiri, tidak ada yang benar atau salah dalam semua jawaban atas pertanyaan-pertanyaan diatas. Tapi tidakkah seharusnya olahraga tidak hanya sekedar bagian dari trend masa kini? Atau kenapa tidak memilih memanfaatkan olahraga yang dapat berjalan beriringan dengan trend seperti kata pepatah, sekali mengayuh,dua tiga pulau terlampaui bukan? Olahraga tidak hanya penting dan baik untuk kesehatan, yang mana kita ketahui bahwa kesehatan semakin hari semakin mahal. Semua bisa terjadi karena pola hidup masa kini yang tidak baik,makanan cepat saji yang sering menjadi pilihan utama bahkan polusi yang semakin membelenggu masyarakat Indonesia terutama bagi mereka yang hidup di kota-kota besar seperti Jakarta.

Disana lah seharusnya olahraga menjadi pilihan utama. Kesadaran pentingnya berolahraga seharusnya sudah dimiliki oleh individu-individu muda bangsa ini. Toh olahraga saat ini bisa dijalankan seiringan dengan trend yang terus berkembang, hal ini bukan tanpa bukti, lihatlah pada perkembangan komunitas sepeda fixie yang terus berkembang dan semakin mudah dijumpai di hampir seluruh pelosok kota,Jakarta khususnya. Disana terlihat bagaimana olahraga dan trend bisa bergabung. Sehat,gaya,mengurangi polusi sekaligus memperluas jaringan pertemanan.

Atau mungkin pilihan lain seperti olahraga futsal yang saat ini sepertinya jauh lebih digandrungi daripada sepakbola. Terlihat dari semakin menjamurnya stadion futsal indoor hampir diseluruh pelosok kota Jakarta. Kompetisi futsal pun semakin sering terdengar. Ini menunjukkan minat yang tinggi di kalangan generasi muda saat ini.

Selain itu acara-acara olahraga yang banyak dilakukan di kampus-kampus dan sekolah-sekolah seperti Bulungan Cup (SMA 70),Daha Cup(SMA 82),President Cup(SMA Presiden),Olimpiade Universitas Indonesia,UGM Cup dan tentu masih banyak yang lainnya yang dilakukan hampir disetiap kampus dan sekolah. Selain itu ajang seperti PON yang terus bergulir memberikan wadah bagi itu semua agar dapat terus berjalan.

Kemudian saat ini dengan adanya Car Free Day yang dilakukan setiap dua minggu sekali di sekitaran Sudirman dapat menjadi faktor lain yang menunjang budaya berolahraga ini tumbuh dan hidup, olahraga sekalian bercengkrama bersama keluarga maupun teman, apalagi yang kurang dari hal tersebut.

Contoh-contoh diatas seharusnya terus ada dan dipertahankan, tidak hanya sekedar bertahan kala trend itu sedang 'in'. Generasi muda saat ini harus sadar bagaimana pentingnya berolahraga dan hidup sehat ditengah zaman yang menawarkan banyak hal tanpa mampu kita cegah baik buruknya.

Selain itu, seharusnya akan semakin banyak cabang olahraga lainnya yang dapat dijangkau dengan mudah oleh generasi muda saat ini,sehingga tidak ada alasan untuk menjauhi olahraga. Banyaknya tawaran kursus pada berbagai cabang olahraga, fasilitas-fasilitas yang mudah dijangkau baik dari segi tempat maupun harga hingga adanya acara-acara yang dapat mendukung hal itu sebaiknya terus dilakukan agar kesadaran akan itu akan terus muncul.

Faktor lainnya yang dapat menunjang adalah dengan adanya ekspose dan penghargaan terhadap atlet-atlet muda Indonesia yang berprestasi sehingga hal ini dapat menjadi pemicu motivasi bagi generasi muda lainnya di seluruh Indonesia. Bahwa kesempatan itu akan selalu ada. Acara seperti Anugerah Olah Raga Indonesia seperti yang diadakan Tabloid Bola ini salah satu acara yang patut dipertahankan demi memicu motivasi itu timbul dan juga memberikan penghargaan kepada atlet-atlet berprestasi tersebut.

Tidak ada yang merugikan dari menanamkan budaya dan minat berolahraga sejak dini, jadi kenapa tidak dimulai dari sekarang? So, what are you waiting for? :)

No comments:

Post a Comment